Profil

Moh. Syarif Hidayat adalah nama pena Sarip Hidayat, S.Pd., M.Hum. yang lahir di Panjalu-Ciamis pada 28 Juli 1976. Menulis puisi dan sejumlah tulisan lainnya sejak memasuki bangku perguruan tinggi. Sewaktu mahasiswa aktif di beberapa komunitas sastra dan forum menulis seperti di ASAS UPI, Madrasah Budaya, dan Cybersastra.net. Pernah menjabat Sekretaris Umum di ASAS pada periode tahun 1997-1998.

Karya-karyanya berupa puisi, esai, dan resensi dimuatkan di berbagai media massa Bandung dan Jakarta, seperti di Bandung Pos, Hikmah, Suara Publik, Pikiran Rakyat, Galamedia, Media Pembinaan, Tabloid AKSI, Suara Pembaruan, Republika, Rakyat Sultra, dan lain-lain. Selain itu, sejumlah puisinya termuat dalam antologi Ketika Matahari… (1998) dan Graffiti Gratitude (2001). Sejumlah puisinya juga pernah dibacakan di Radio Ganesha Bandung dan Radio Deutsche Welle, Jerman. Antologi puisi pertamanya dalam bentuk buku adalah Tentang Bunga yang Tumbuh di Pinggir Kolam yang diterbitkan oleh Kaifa Publishing tahun 2016. Sebelumnya ia juga menerbitkan antologi puisi dalam bentuk ebook berjudul Angin Malam (2008). Puisinya masuk dalam 100 besar sayembara penulisan puisi tentang sungai Cimanuk dan dibukukan dalam antologi bersama Cimanuk: Ketika Burung-Burung Kini telah Pergi (2016)

Ia pernah mengajar di SMP, SMA, dan STAI Darul Falah Cihampelas, KBB. Pernah juga mengampu mata kuliah Bahasa Indonesia di STIKES Ahmad Yani, Cimahi. Sejak tahun 2005 bekerja sebagai tenaga peneliti di Balai Bahasa Jawa Barat. Kini ia dipercaya untuk mengelola Jurnal Metasastra yang berbasis OJS. Selain bergelut di dunia penulisan kreatif dan penelitian, penulis juga memiliki kesenangan berbisnis di internet. Sejak tahun 2007, ia terlibat di berbagai bisnis internet. Sekarang, ia fokus di tiga bisnis, yaitu di bebasbayar.com dan trading di binary.com.

Penulis dapat dihubungi di pos-el: mohsyarifhidayat@gmail.com Atau di akun facebook: https://www.facebook.com/mohsyarifhidayat.